Kebakaran di Desa Binangun, Gudang Tembakau Muhfadhon Ludes

Share this Post:
Standard Post with Image

Wonosobonews.com - Pada Minggu malam, 7 Juli 2024, sebuah kebakaran hebat melanda gudang tembakau di Desa Binangun, Kecamatan Watumalang, Wonosobo. Gudang tersebut milik Muhfadhon, seorang petani dan pengepul tembakau, yang sehari-hari menyimpan ratusan kilogram tembakau garangan di sana. Kebakaran ini diperkirakan menyebabkan kerugian mencapai Rp 600 juta.

Menurut laporan dari Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Wonosobo, Sabarno, kebakaran terjadi akibat kelalaian istri Muhfadhon yang lupa mematikan kompor saat menghangatkan makanan menjelang waktu salat Magrib. Setelah bergegas ke masjid untuk salat berjamaah, ia pulang dan mendapati gudangnya sudah terbakar.

"Api pertama kali diketahui oleh warga sekitar yang langsung berusaha memadamkan dengan alat seadanya sambil menghubungi pemadam kebakaran," jelas Sabarno pada Senin, 8 Juli 2024. Api cepat membesar dan asap mengepul memenuhi ruangan, membuat upaya pemadaman menjadi lebih sulit.

Tim Pemadam Kebakaran Wonosobo, bersama BPBD, TNI, Polri, relawan, dan masyarakat sekitar, bekerja keras memadamkan api. Meskipun telah banyak pihak yang terlibat, api baru berhasil dipadamkan setelah lebih dari satu jam, dan gudang beserta isinya tidak dapat diselamatkan.

"Rumah yang digunakan untuk menyimpan tembakau dan obat pertanian ludes terbakar beserta isinya," lanjut Sabarno. Saat ini, keluarga Muhfadhon harus mengungsi dan tinggal di rumah anaknya, sementara bantuan dan upaya pemulihan terus dilakukan oleh pihak terkait.

 

Share this Post: