Harga Cabai Merah di Pasar Induk Wonosobo Masih Tinggi

Share this Post:
Standard Post with Image

wonosobonews.com - Harga cabai di Pasar Induk Wonosobo masih bertahan pada level yang tinggi sepanjang pekan ini. Menurut sejumlah pedagang, cabai merah menjadi komoditas dengan harga tertinggi, mencapai Rp 100.000 per kilogram.

"Sekarang yang lagi mahal banget cabai merah mencapai Rp 100.000 per kilogram dari sebelumnya di harga Rp 70.000-Rp 80.000 per kilogram," ungkap pedagang Pasar Induk Wonosobo, Sarti.

Disusul cabai setan yang juga mengalami kenaikan harga, dari Rp 50.000 per kilogram menjadi Rp 80.000 per kilogram.

Pedagang lain, Yuni, mengkonfirmasi bahwa cabai merah dan cabai setan masih mengalami kenaikan harga, sementara cabai hijau juga mengalami kenaikan menjadi Rp 45.000 per kilogram dari sebelumnya Rp 40.000 per kilogram.

Tentang alasan kenaikan harga, Sarti mengaku tidak mengetahui pasti, namun ia menyebut bahwa menjelang Ramadan, harga cabai biasanya mengalami kenaikan. Meskipun stok cabai masih ada, namun jumlahnya tidak sebanyak biasanya.

"Sejauh ini barangnya ada, tidak langka. Hanya saja tidak sebanyak biasanya yang biasanya satu karung penuh sekarang paling 10 kilogram saja," jelasnya.

Sarti juga menambahkan bahwa semua cabai yang dijualnya didapatkan dari wilayah Wonosobo seperti Mlandi dan kawasan Garung.

Di sisi lain, komoditas hortikultura lainnya seperti bawang merah dan bawang putih juga mengalami kenaikan harga, namun tidak setinggi harga cabai. Bawang merah dijual dengan kisaran harga Rp 35.000-Rp 45.000 per kilogram, sementara bawang putih dihargai Rp 45.000 per kilogram.

 

Share this Post: