Babinsa Koramil 07/Kalikajar Berhasil Bangun Peternakan dan Perikanan

Share this Post:
Standard Post with Image

wonosobonews.com - Sertu Sugito, seorang Babinsa Koramil 07/Kalikajar Kodim 0707/Wonosobo, sukses mengelola usaha sampingan berupa peternakan dan perikanan. Dalam kesempatan tersebut, Dandim Letkol Inf Helmy bersama Danramil Kapten Arm Listiyono meninjau langsung peternakan tersebut yang berlokasi di Desa Maduretno (28/2/2024).

"Saya sebagai Dandim merasa bangga, apa yang dilakukan beliau ini luar biasa dan layak dicontoh. Sesuai dengan tugasnya, ini sangat aplikatif dalam dimensi teritorial, secara tidak langsung ikut membuka pikiran masyarakat memajukan perekonomian dengan beternak sapi, kambing, maupun perikanan sebagai salah satu upaya mendukung ketahanan pangan," ujar Letkol Inf Helmy.

Dandim menekankan pentingnya pemberdayaan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan tersebut. "Pembangunan tidak hanya menyentuh prasarana fisik, tetapi juga pemberdayaan yang muaranya adalah peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat dengan memanfaatkan lahan secara maksimal," tambahnya.

Sertu Sugito menjelaskan bahwa usaha beternak sapi, kambing, dan ikan awalnya bukanlah hobi atau pengetahuan saja. Namun, melihat lahan yang dimilikinya membuatnya tergerak untuk mengolahnya demi menambah perekonomian keluarga.

"Usaha yang dilakukan pada awalnya hanya dari perihatin karena memiliki lahan, namun hasilnya kurang memuaskan. Setelah belajar dari berbagai pihak dan mendapatkan masukan dari keluarga, akhirnya saya memulai usaha beternak sapi, kambing, dan ikan," ungkap Sertu Sugito.

Dalam peternakannya, Sertu Sugito menggembleng sapi jenis Limosin, si mental, dan lokal, serta kambing jenis Dombos (Domba Wonosobo), sementara untuk perikanannya ia mengelola ikan jenis nila dan koi.

"Yang terpenting dalam usaha adalah tidak takut capek dan teruslah belajar karena perkembangan teknologi pertanian terus berkembang sehingga apabila ada kendala, kita bisa cepat mengatasinya," pungkasnya.

Share this Post: