10 Tempat Wisata di Wonosobo selain Dieng Pesonanya Lebih Indah

Share this Post:
Standard Post with Image

Wonosbonews.com - Wonosobo sebuah kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Tengah. Ini berhasil memikat para wisatawan dengan keindahan alamnya yang memukau dan kekayaan budayanya yang khas.

Dikelilingi oleh pegunungan yang hijau dan udara yang segar, Wonosobo menawarkan pengalaman wisata yang unik dan menyegarkan. Salah satu daya tarik yang paling terkenal di Wonosobo ialah Dieng, namun tahukah anda Wonosobo menyimpan berbagai destinasi wisata yang memiliki pesona memukau.

Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata di Wonosobo selain Dieng yang tak kalah memukau. Informasi yang dihimpun dari laman Visit Jawa Tengah berikut juga bisa dijadikan sebagai pertimbangan untuk berwisata di liburan tahun baru 2024.

Tempat Wisata di Wonosobo selain Dieng

1. Telaga Menjer

Telaga Menjer merupakan destinasi populer di Wonosobo, selain menyuguhkan pemandangan yang indah dan memukau, telaga ini merupakan telaga terluas di kawasan Dieng.

Dikelilingi oleh perbukitan dan hutan hijau yang subur. Keindahan telaga memberikan pemandangan yang menenangkan untuk bersantai, berpiknik, dan menikmati pemandangan yang luar biasa.

Telaga yang terletak di Kec. Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, ini menyimpan segudang daya tarik yang mempesona seperti adanya perahu air, restoran apung dan goa kayu bulu di sekitar telaga tersebut.

2. Embung Kledung

Tempat wisata Wonosobo yang tak kalah cantik ialah Embung Kledung. Embung Kledung menyajikan panorama indahnya waduk yang dipadukan dengan megahnya Gunung Sindoro-Sumbing.

Embung kledung berada di Jalan Raya Parakan-Wonosobo No. KM 12, Area Sawah, Kledung, Kec. Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 4 hektar, awalnya embung ini berfungsi sebagai penyimpan air hujan serta penyedia irigasi untuk kebutuhan pertanian di musim kemarau.

Akan tetapi karena pesonanya yang memukau, embung ini banyak menarik wisatawan untuk berkunjung sehingga menjelma menjadi salah satu destinasi wisata di Wonosobo yang ramai dikunjungi.

3. Kebun Teh Tambi

Wisata sambil menikmati hamparan kebun teh seluas 830 hektare ini, berada di ketinggian antara 800-2.000 mdpl sehingga udaranya sejuk. Kebun Teh Tambi merupakan perkebunan teh yang berada di dekat dataran tinggi Dieng.

Tepatnya di Desa Tambi, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Kebun teh ini menyuguhkan pesona hamparan kebun teh hijau yang dikelilingi pemandangan pegunungan yang memukau.

Jika anda berwisata di kebun teh ini wisatawan dapat menyaksikan proses pembuatan teh langsung dari pabriknya. Selama berkeliling, pengunjung akan mendapat penjelasan setiap tahap pengolahan teh tersebut, seperti pengeringan, pengolahan, dan pengemasan.

4. Lubang Sewu

Wisata Wonosobo selanjutnya ialah Lubang Sewu. Lubang Sewu menawarkan pesona ribuan lubang yang terbentuk secara alami di tebing batu karang yang terletak di tepi Bendungan Wadaslintang, Desa Erorejo, Kecamatan Wadaslintang.

Tebing Lubang Sewu bisa dinikmati saat musim kemarau, sekitar bulan Agustus dan September. Wisata ini dikenal dengan batu karang berwarna putih yang membentuk tebing dengan ketinggian rendah, batu-batu tersebut membentuk pesona keindahan yang luar biasa.

5. Curug Sikarim

Wonosobo dikenal memiliki beberapa air terjun atau curug yang mempesona, salah satunya Curug Sikarim, curug ini menyuguhkan pemandangan curug dengan aliran yang seolah membelah dinding perbukitan ditambah adanya kabut yang tebal menyelimuti bukit di sekitar curug.

Curug Sikarim berada di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Desa Sembungan sendiri merupakan desa tertinggi di Jawa Tengah.

Curug Sikarim yang berada di lereng selatan dataran tinggi Dieng ini memiliki suasana yang sejuk dipadukan dengan pepohonan yang memberi kesan asri nan segar.

6. Curug Sigludug

Selain Curug Sikarim, Wonosobo juga memiliki Curug Sigludug. curug ini terletak di Dusun Lamuk, Desa Kalidesel, Kecamatan Watumalang, Kabupaten Wonosobo. Keunikan curug ini adalah memiliki dua mata air, sehingga aliran air curug ada yang hangat dan dingin.

Aliran air yang mengalir di bebatuan berlumut hijau kian menambah kesan asri, batu karang yang dihiasi lumut. Batu-batu besar yang berwarna coklat tua ini terlihat sangat indah dan menawan.

7. Waduk Wadaslintang

Jika anda ingin berwisata ke waduk, Wonosobo memiliki berbagai destinasi waduk memukau yang dapat anda kunjungi, salah satunya ialah Waduk Wadaslintang. Waduk yang berlokasi di Desa Sumberejo, Kecamatan Wadaslintang, ini memiliki luas hingga 2.626 hektar.

Panorama indah yang disuguhkan di waduk ini membuatnya populer di kalangan wisatawan. Karena waduk ini menyuguhkan pemandangan perbukitan yang hijau dan asri.

Di tepian waduk ini terdapat banyak batu karang besar berwarna putih yang disebut dengan Lubang Sewu. Lubang Sewu sendiri juga sering ramai dikunjungi wisatawan yang ingin menikmati pesona Lubang Sewu yang memukau.

8. Bukit Mbeser

Bukit Mbeser merupakan sebuah bukit yang terletak di Desa Lipursari, Kecamatan Leksono. Tempat ini telah menjadi tempat yang sempurna untuk menikmati pemandangan pegunungan di selatan Wonosobo.

Bukit Mbeser menyajikan keindahan alam pegunungan selatan Wonosobo dan pemandangan pedesaan sekitar hingga perkotaan di Wonosobo yang akan semakin indah pada saat malam hari ketika lampu perkotaan menjadi kabut berbaur emas (lampu perkotaan).

Di pagi hari wisatawan juga disuguhi sunrise yang menawan terlebih lagi di sediakan menara pandang dengan ketinggian 10 meter untuk menikmati sunrise sekaligus menikmati hembusan angin pegunungan.

9. Candi Arjuna

Bagi anda yang tertarik untuk berwisata sambil belajar sejarah di Wonosobo, anda bisa datang ke Candi Arjuna, candi ini menyajikan pemandangan memukau candi dipadukan dengan pemandangan alam di sekitar candi yang masih terjaga keasriannya.

Candi yang terletak di Karangsari, Dieng Kulon, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah ini diperkirakan sebagai candi tertua. Candi ini diperkirakan dibangun pada abad 8 Masehi oleh Dinasti Sanjaya dari Mataram Kuno.

10. Batu Pandang Ratapan Angin

Wisata di Wonosobo yang tak boleh kalian lewatkan ialah batu pandang ratapan angin, disini anda dapat menikmati indahnya Dieng dari ketinggian sekaligus melihat luasnya telaga warna dengan sangat jelas.

Selain menyuguhkan pemandangan luar biasa wisata satu ini juga menyediakan berbagai wahana yang dapat kalian menikmati, beberapa wahana yang tersedia seperti flying fox hingga jembatan merah yang memukau.

 

 

Share this Post: